Minggu, 21 Februari 2010

Cara Menanggulangi Pencurian Uang Di ATM

Daftar isi [Tampil]
Baru-baru ini (bahkan sampai hari ini) heboh di televisi, internet, radio, sampai kelurahan uang raib di ATM. Gambar disebelah adalah atm yang berisi alat anti skimmer atau alat kloning kartu atm yang berisi data-data pribadi seperti pin, dll. Disini terdapat  beberapa tips yang mungkin berguna bagi anda untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan pencurian uang di ATM.
Pencurian Uang Di ATM

Dari beberapa informasi yang ada mungkin tips berikut ini mampu mengurangi kesempatan penjahat untuk pencurian uang di ATM dan menguras uang anda.

Cara Mencegah Pencurian Uang Di ATM

  1. Jangan pernah memberi tahu pin atm, phone banking atau internet banking anda kepada siapapun.
  2. Pada saat mengambil uang di atm yg terbuka usahakan untuk menutupi pin yang anda pencet. Karena siapa tahu orang dibelakang anda bukanlah orang baik-baik, dan jangan lupa ambil kembali kartu atm anda.
  3. Untuk di ATM tertutup, biasanya ada kamera CCTV di setiap atm usahakan menutupi tangan anda saat memencet pin.
  4. Kalau yang ini kebiasaan saya yang ga pernah hilang yaitu sesaat setelah mengambil uang saya masukkan kembali kartu atm, menekan pin acak dan memencet cancel (gunanya seandainya ada alat skimmer di atm tersebut pin saya akan menjadi acak).
  5. Tips kelima ini masih “katanya” karena blm tahu pasti.. Yaitu usahakan mencari mesin atm yang di lobang kartunya berwarna hijau. [gambar ada di atas]
  6. Seandainya kartu anda macet di atm, jangan minta tolong pada seseorang yg tidak anda kenal, teleponlah pihak bank. Biasanya di tiap atm ada nomor yg bisa dihubungi, kalau masih tidak yakin telpon 108 atau kode area + 108 dan tanyakan nomor telpon cabang bank terdekat kepada operator.

Berikut ini tips untuk internet banking:

  1. Hati-hatilah bertransaksi internet banking di komputer publik semisal warnet.
  2. Jangan pernah melupakan log out baik itu untuk account apapun (internet banking, cek email, fs, fb. twitter, dll).
  3. Pasanglah antivirus original di komputer anda, usahakan jangan crack atau bajakan. Plus sekalian beli yang satu paket dengan firewall dan update-lah secara berkala atau aktifkan sekalian auto update-nya.
  4. Sebelum membeli antivirus, cek dan ricek dulu antivirus terbaik dengan membaca beberapa review di internet atau majalah.
Tips ini tidak aman 100% (saya ngga yakin ada yg aman 100%) tapi paling tidak bisa meminimalisir tindak kejahatan pencurian terhadap uang di rekening anda apalagi itu hasil kerja keras anda.
Tentunya cara menanggulangi pencurian uang di ATM ini mungkin belum lengkap, kalau anda punya tips lain silahkan dilengkapi di formulir komentar di bawah.
Comments


EmoticonEmoticon

No Deposit Bonus OctaFX